DomaiNesia

Kamis, 02 April 2020

Muatan Tinja Di Buang Kemana?

Kamu yang tinggal di perkotaan tentu pernah menyaksikan kendaraan beroda empat sedot WC, yang umumnya berupa truk tangki dengan selang besar seperti kendaraan beroda empat PDAM atau Pertamina, melalui di hadapanmu. Mereka memberikan jasa kuras septic tank.

Pertanyaannya, di mana mereka mencampakkan tinja yang sudah disedot? Perlu kau tahu, setiap jasa sedot WC biasanya sudah mempunyai lokasi untuk membuang muatannya.

Baca Juga: Jasa Layanan Sedot Wc Di Medan

Bertahan dengan Mengais Kepingan di Persimpangan Lampu Merah Kota Semarang Misal, di tempat Jabodetabek, mobil sedot WC mencampakkan tinja ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Pulogebang, Jakarta Timur. Ada juga lokasi pembuangan lain di Jakarta Barat.

“Kalau di Jakarta Barat itu di sekeliling ring road kawasan Puri. Sudah ditawarkan Pemerintah Daerah sekitar 10 hektare,” ungkap salah satu petugas sedot WC dari CV Indojasa Pratama, Ridwan, belum lama ini.

Mobil sedot WC yang sudah penuh muatannya akan diarahkan ke penampungan limbah tinja. (Twitter/wahab491975) Setelah tangki kendaraan beroda empat yang isinya tinja sarat , kendaraan beroda empat-mobil tersebut lalu diarahkan ke IPLT. Tinja ini lalu dibuang ke semacam bak khusus yang ukurannya sangat besar. Disebut bak khusus karena didesain khusus untuk memisahkan tinja, pasir, serta air.

Setelahnya, kotoran manusia yang telah terpisah akan dipindahkan ke bagian lain untuk dimasak. Hasil pembuatan ini kemudian dijadikan pupuk yang mampu digunakan untuk menyuburkan tumbuhan. Ehm, damai, pupuk hasil buatan mereka telah diuji coba kok.

Baca Juga: Jasa Sedot Wc di Makassar

Bersemuka dengan Eks Komentator Siaran Langsung PSIS di RRI Semarang Kalau kamu pikir tinja di dalam kendaraan beroda empat sedot WC bakal dibuang sembarangan, kau salah, Millens. Yap, ini sebab limbah kotoran manusia cukup berbahaya bagi alam. Kotoran insan tinggi akan basil berbahaya yang bisa menyebabkan wabah penyakit.

Mobil sedot WC berjasa dalam proses pengelolaan limbah kotoran insan. (Twitter/bs_totoraharjo) Kaprikornus, kotoran manusia nggak boleh dibuang di sembarang tempat tanpa diolah apalagi dulu. Ketimbang membuang kotoran di perairan lazim seperti sungai atau danau, alangkah lebih baik kita menghubungi jasa sedot WC ketika septic tank terlihat penuh.

Meski kita jadi keluar biaya, ini lebih baik sebab jasa sedot WC punya kawasan pembuangan limbah yang aman. Sepakat, Millens? (Det/IB09/E03)

Saat menyaksikan truk atau mobil sedot tinja, sebagian kita mungkin bertanya-tanya: ke mana gerangan mereka membuang muatannya? Sebab, yang kita tahu selama ini, sang petugas memasukkan selang khusus ke dalam lobang septik tank, menyedotnya, lalu setelah final, mereka bersih-higienis dan melesat pergi.

Menurut laporan Bekasipedia yang sempat tayang di terusan Youtube, dikutip Selasa 23 Juni 2020, mobil sedot tinja yang beroperasi di Jabodetabek, rata-rata mencampakkan muatannya ke penampungan limbah di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja atau IPLT Pulogebang, Jakarta Timur.

Baca Juga: Jasa Sedot Wc di Pontianak

Makara, setelah sampai di lokasi penampungan, kotoran yang tertampung di tanki kendaraan beroda empat akan dipindahkan ke dalam kolam khusus berskala besar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pernah Berfikir, di Mana Tinja Di Buang Setelah di Sedot?

Kamu yang tinggal di perkotaan pasti pernah menyaksikan kendaraan beroda empat sedot WC , yang lazimnya berupa truk tangki dengan selang be...