DomaiNesia

Minggu, 15 Maret 2020

Mobil Sedot Tinja Kemanakah Muatannya Di buang

Kamu yang tinggal di perkotaan tentu pernah melihat mobil sedot WC, yang biasanya berbentuktruk tangki dengan selang besar mirip mobil PDAM atau Pertamina, melalui di hadapanmu. Mereka memberikan jasa kuras septic tank.

Pertanyaannya, di mana mereka membuang tinja yang sudah disedot? Perlu kamu tahu, setiap jasa sedot WC lazimnya telah memiliki lokasi untuk mencampakkan muatannya.

Baca Juga: Jasa Layanan Sedot Wc Di Medan

Bertahan dengan Mengais Kepingan di Persimpangan Lampu Merah Kota Semarang Misal, di tempat Jabodetabek, kendaraan beroda empat sedot WC mencampakkan tinja ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Pulogebang, Jakarta Timur. Ada juga lokasi pembuangan lain di Jakarta Barat.

“Kalau di Jakarta Barat itu di sekeliling ring road kawasan Puri. Sudah disediakan Pemda sekitar 10 hektare,” ungkap salah satu petugas sedot WC dari CV Indojasa Pratama, Ridwan, belum lama ini.

Mobil sedot WC yang telah sarat muatannya akan diarahkan ke penampungan limbah tinja. (Twitter/wahab491975) Setelah tangki mobil yang isinya tinja penuh, mobil-kendaraan beroda empat tersebut lalu diarahkan ke IPLT. Tinja ini lalu dibuang ke semacam kolam khusus yang ukurannya sungguh besar. Disebut bak khusus alasannya didesain khusus untuk memisahkan tinja, pasir, serta air.

Setelahnya, kotoran manusia yang sudah terpisah akan dipindahkan ke bagian lain untuk diolah. Hasil pembuatan ini lalu dijadikan pupuk yang mampu digunakan untuk menyuburkan tumbuhan. Ehm, hening, pupuk hasil buatan mereka telah diuji coba kok.

Baca Juga: Jasa Sedot Wc di Makassar

Bersemuka dengan Eks Komentator Siaran Langsung PSIS di RRI Semarang Kalau kau pikir tinja di dalam mobil sedot WC bakal dibuang asal pilih, kamu salah, Millens. Yap, ini alasannya adalah limbah kotoran insan cukup berbahaya bagi alam. Kotoran manusia tinggi akan bakteri berbahaya yang mampu menjadikan wabah penyakit.

Mobil sedot WC berjasa dalam proses pengelolaan limbah kotoran manusia. (Twitter/bs_totoraharjo) Jadi, kotoran insan nggak boleh dibuang di sembarang kawasan tanpa dimasak terlebih dulu. Ketimbang membuang kotoran di perairan lazim mirip sungai atau danau, alangkah lebih baik kita menghubungi jasa sedot WC saat septic tank tampak penuh.

Meski kita jadi keluar ongkos, ini lebih baik alasannya adalah jasa sedot WC punya daerah pembuangan limbah yang aman. Sepakat, Millens? (Det/IB09/E03)

Saat melihat truk atau mobil sedot tinja, sebagian kita mungkin bertanya-tanya: ke mana gerangan mereka membuang muatannya? Sebab, yang kita tahu selama ini, sang petugas memasukkan selang khusus ke dalam lobang septik tank, menyedotnya, lalu sehabis final, mereka higienis-higienis dan melesat pergi.

Menurut laporan Bekasipedia yang sempat tayang di terusan Youtube, dikutip Selasa 23 Juni 2020, kendaraan beroda empat sedot tinja yang beroperasi di Jabodetabek, rata-rata membuang muatannya ke penampungan limbah di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja atau IPLT Pulogebang, Jakarta Timur.

Baca Juga: Jasa Sedot Wc di Pontianak

Jadi, setelah hingga di lokasi penampungan, kotoran yang tertampung di tanki kendaraan beroda empat akan dipindahkan ke dalam kolam khusus berskala besar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pernah Berfikir, di Mana Tinja Di Buang Setelah di Sedot?

Kamu yang tinggal di perkotaan pasti pernah menyaksikan kendaraan beroda empat sedot WC , yang lazimnya berupa truk tangki dengan selang be...