DomaiNesia

Sabtu, 04 April 2020

Penasaran, Kemanakah Mobil Buang Muatan Tinjanya?

Kamu yang tinggal di perkotaan pasti pernah melihat kendaraan beroda empat sedot WC, yang lazimnya berupa truk tangki dengan selang besar seperti mobil PDAM atau Pertamina, lewat di hadapanmu. Mereka memperlihatkan jasa kuras septic tank.

Pertanyaannya, di mana mereka membuang tinja yang telah disedot? Perlu kau tahu, setiap jasa sedot WC lazimnya telah mempunyai lokasi untuk membuang muatannya.

Baca Juga: Jasa Layanan Sedot Wc Di Medan

Bertahan dengan Mengais Kepingan di Persimpangan Lampu Merah Kota Semarang Misal, di daerah Jabodetabek, kendaraan beroda empat sedot WC mencampakkan tinja ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Pulogebang, Jakarta Timur. Ada juga lokasi pembuangan lain di Jakarta Barat.

“Kalau di Jakarta Barat itu di sekitar ring road daerah Puri. Sudah ditawarkan Pemerintah Daerah sekitar 10 hektare,” ungkap salah satu petugas sedot WC dari CV Indojasa Pratama, Ridwan, belum usang ini.

Mobil sedot WC yang sudah penuh muatannya akan diarahkan ke penampungan limbah tinja. (Twitter/wahab491975) Setelah tangki mobil yang isinya tinja sarat , kendaraan beroda empat-mobil tersebut kemudian diarahkan ke IPLT. Tinja ini kemudian dibuang ke semacam kolam khusus yang ukurannya sangat besar. Disebut kolam khusus karena didesain khusus untuk memisahkan tinja, pasir, serta air.

Setelahnya, kotoran insan yang telah terpisah akan dipindahkan ke bab lain untuk dimasak. Hasil pengolahan ini lalu dijadikan pupuk yang bisa dipakai untuk menyuburkan tumbuhan. Ehm, damai, pupuk hasil produksi mereka telah diuji coba kok.

Baca Juga: Jasa Sedot Wc di Makassar

Bersemuka dengan Eks Komentator Siaran Langsung PSIS di RRI Semarang Kalau kamu pikir tinja di dalam kendaraan beroda empat sedot WC bakal dibuang sembarang pilih, kau salah, Millens. Yap, ini karena limbah kotoran insan cukup berbahaya bagi alam. Kotoran insan tinggi akan kuman berbahaya yang bisa menjadikan wabah penyakit.

Mobil sedot WC berjasa dalam proses pengelolaan limbah kotoran insan. (Twitter/bs_totoraharjo) Makara, kotoran manusia nggak boleh dibuang di sembarang tempat tanpa diolah terlebih dahulu. Ketimbang membuang kotoran di perairan umum mirip sungai atau danau, alangkah lebih baik kita menelepon jasa sedot WC ketika septic tank terlihat penuh.

Meski kita jadi keluar biaya, ini lebih baik sebab jasa sedot WC punya daerah pembuangan limbah yang aman. Sepakat, Millens? (Det/IB09/E03)

Saat menyaksikan truk atau mobil sedot tinja, sebagian kita mungkin mengajukan pertanyaan-tanya: ke mana gerangan mereka mencampakkan muatannya? Sebab, yang kita tahu selama ini, sang petugas memasukkan selang khusus ke dalam lobang septik tank, menyedotnya, kemudian sehabis selesai, mereka bersih-higienis dan melesat pergi.

Menurut laporan Bekasipedia yang sempat tayang di akses Youtube, dikutip Selasa 23 Juni 2020, mobil sedot tinja yang beroperasi di Jabodetabek, rata-rata membuang muatannya ke penampungan limbah di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja atau IPLT Pulogebang, Jakarta Timur.

Baca Juga: Jasa Sedot Wc di Pontianak

Makara, sehabis sampai di lokasi penampungan, kotoran yang tertampung di tanki mobil akan dipindahkan ke dalam bak khusus berskala besar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pernah Berfikir, di Mana Tinja Di Buang Setelah di Sedot?

Kamu yang tinggal di perkotaan pasti pernah menyaksikan kendaraan beroda empat sedot WC , yang lazimnya berupa truk tangki dengan selang be...